Halaman

Minggu, 08 Juli 2012

Pekan Bahasa dan Sastra

Karya sastra adalah suatu karangan yang mengandung nilai-nialai kebaikan yang tertulis dengan gaya bahasa yang indah. Dalam dunia sastra terdapat wawasan umum tentang masalah-masalah yang berhubungan dengan sosial, budaya, maupun intelektual dengan caranya yang khas. Karya sastra bukanlah seni bahasa belaka, melainkan suatu kecakapan dalam menggunakan bahasa berbentuk dan bernilai sastra. Jelasnya faktor yang menentukan adalah kenyataan bahwa sastra menggunakan bahasa sebagai medianya. Sehingga dalam pengamalanya karya sastra selalu bersinggungan dengan pengalaman manusia yang lebih luas daripada yang bersifat estetika saja, namun karya sastra selalu melibatkan pikiran pada kehidupan sosial, moral, psikologi, dan juga agama. 


Dalam perjalananya karya seni sastra sangatlah diperlukan dalam kelangsungan hidup manusia yang menyangkut urusan-urusan manusia dalam berinteraksi dengan manusia yang lain. Maka sangatlah diperlukan penjagaan dan pelestarian atas karya-karya sastra khususnya sastra bahasa Arab yang menjadi salah satu bahasa terbesar didunia, dan sekarang sudah mulai tidak dikenal oleh para pelajar mahasiswa atau siswa pada umumnya. Maka dari itu perlu diciptakanya suatu wadah yang mampu memberikan informasi tentang betapa indah dan kayanya sastra bahasa Arab. 

Pekan Bahasa dan Sastra adalah sebuah pagelaran acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (HMJ BSA) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang ke-4 yang berlangsung pada bulan Nopember tahun 2012 dengan tema “Aktualisasi peradaban lewat bahasa dan sastra” acara ini bertujuan untuk memberikan apresiasi terhadap para mahasiswa atau siswa untuk selalu berkarya dan berkarya demi kelangsungan karya seni sastra Arab yang masih menjadi hal yang tabuh di telinga para mahasiswa atau siswa pada umumnya, padahal seni sastra Arab sudah ada sejak zaman Jahiliyah, dan selalu berkembang seiring dengan berjalannya waktu sehingga melahirkan penyair-penyair islam yang diakui oleh dunia. Sebagai bentuk apresiasi terhadap seni sastra Arab, pagelaran Pekan Bahasa dan Sastra ini menyajikan beberapa kesenian, dan seminar Nasional yang diikuti oleh para mahasiswa atau siswa tingkat Nasional maupun lokal. Dalam pagelaran ini juga terdapat berbagai lomba seni sastra tingkat nasional bagi para mahasiswa atau siswa, dengan harapan mampu menghidupkan kembali semangat untuk selalu berkarya dan mengenang betapa kaya dan indahnya karya seni sastra Arab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar